Tips Menghindari Flu Babi

flu babi

Flu babi (swine flu) saat ini telah menjadi pandemik di dunia. Indonesia yang dulunya tidak terjangkit swine flu, sekarang malah dihujani kasus swine flu yang dirawat di beberapa rumah sakit di Indonesia. Rata-rata pasien suspect swine flu ini baru saja pulang dari luar negeri, sehingga diduga virus H1N1 ini bukan berasal dari Indonesia.

Dahsyatnya penyebaran flu babi membuat orang trauma. Ada beberapa vitamin dan makanan yang baik dikonsumsi untuk menghindari swine flu, seperti dilansir eHow, Rabu (15/7/2009):
1. Konsumsilah vitamin D karena bisa meningkatkan daya tahan tubuh untuk melawan flu H1N1. Konsumsi vitamin D dapat dengan meningkatkan produksi agen antimicrobial dalam tubuh. Antimicrobial ini bisa melawan swine flu dan tipe influenza lainnya.
2. Konsumsi vitamin C tidak hanya meningkatkan kadar sel darah putih yang bisa melawan infeksi, tapi juga bisa meningkatkan jumlah antibodi interferon yang menjaga swine flu agar tidak masuk ke dalam sel. Vitamin C ini bisa didapat dari makanan ataupun suplemen.
3. Konsumsi vitamin E yang membantu produksi sel-sel pembunuh alami sehingga bisa menghancurkan dan membunuh virus swine flu.
4. Makan makanan kaya akan vitamin A yang bisa meningkatkan respon kekebalan tubuh, namun jangan melebihi batas karena akan beracun jika berlebihan. Utamakan mengkonsumsi wortel.
5. Makan makanan kaya akan bioflavonoid yang bisa meningkatkan sisi reseptor sel sehingga virus H1N1 tidak bisa masuk ke dalam sel yang bisa menyebabkan infeksi. Bioflavonoid bisa ditemukan pada teh hijau dan teh putih, coklat, bawang putih, bluberri dan buah citrus. Untuk hasil yang terbaik kombinasikan dengan makanan yang kaya vitamin C dan kalsium.
6. Konsumsi suplemen Zink. Zink tidak hanya meningkatkan respon kekebalan tubuh, tapi juga bisa melawan virus swine flu lebih agresif.

Selain mengkonsumsi suplemen dan makanan yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh, masyarakat juga diharuskan memperhatikan pola hidup dan kebersihan serta menghindari hal-hal yang bisa memicu terinfeksi virus H1N1.
Berikut beberapa tips yang bisa dilakukan untuk menghindari swine flu:
1. Tutup mult dan hidung dengan tisu ketika batuk dan bersin.
2. Buanglah tisu yang telah digunakan.
3. Cuci tangan setelah batuk atau bersin. Jangan memegang mulut, hidung atau mata karena virus bisa berkembang.
4. Hindari kontak dengan orang sakit.
5. Tetap di rumah jika merasa sakit, dan jangan keluar rumah sebelum sakitnya sembuh total selama kurang lebih 24 jam.
6. Sering-seringlah cuci tangan dengan menggunakan air mengalir dan sabun selama 20 detik setiap selesai memegang benda umum.
7. Jika ingin pergi ke luar negeri, cek kesehatan dengan dokter dan pastikan negara yang dikunjungi tidak terkena pandemi swine flu.
8. Tetap jaga kesehatan dan pola makan yang seimbang.
Oleh: Vera Farah Bararah – detikHealth

Sumber: http://health.detik.com
Diupload oleh : http://www.pustakaalbayaty.wordpress.com
Kunjungi blog kami yang lain:
http://www.wahonot.wordpress.com
http://www.tokoherbalonline.wordpress.com

About bambangwahono

pedagang

Posted on Juli 19, 2009, in Info kesehatan and tagged , . Bookmark the permalink. 2 Komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: