Inginkan Pereda Demam? Cari saja di Dapur!

bumbu-dapurKeluhan yang sering dialami anak-anak adalah demam. Jika Anda tak ingin menggunakan obat kimia, banyak sekali jenis bahan alami yang bermanfaat sebagai pereda demam, di antaranya bawang merah, air kelapa muda, lempuyang emprit, kunyit, atau pegagan.

Demam adalah peningkatan suhu tubuh di atas normal. Pada anak-anak, suhu tubuh normal berkisar antara 36 hingga 37,5 derajat Celsius. Banyak orangtua kurang memahami bahwa demam bukanlah penyakit, melainkan gejala.

Secara alami demam merupakan reaksi dari adanya infeksi. Infeksi pada tubuh bisa disebabkan virus, bakteri, jamur, atau parasit.

Semua organ tubuh bisa terkena infeksi. Bila menyerang saluran pernapasan bisa menyebabkan batuk pilek, radang tenggorokan, atau amandel. Infeksi bisa juga menyerang telinga, saluran kencing, saluran pencernaan, dap lain-lain. Pendeknya, apa saja bisa diserang oleh virus dan bakteri.

Menurut para ahli, demam sebenarnya bagus, sebagai pertanda adanya infeksi, dan tubuh sedang memerangi virus atau bakteri penyebab penyakit. Biasanya demam diikuti banyak gejala lain, seperti lemah, mual, atau muntah.

Jika anak Anda demam tetapi tenang-tenang saja, masih bisa jalan bahkan berlarian, makan dan minum, serta bermain, orangtua tak perlu khawatir. Sebaliknya, jika demam disertai perubahan perilaku seperti anak cenderung lemas, muntah-muntah, dehidrasi, tidak mau makan dan rewel, orangtua sebaiknya waspada.

Sebagai pertolongan pertama, umumnya diberikan obat penurun panas berbahan dasar kimia seperti golongan parasetamol, asam salisilat, ibuprofen, dan lain-lain. Tidak banyak orangtua di zaman sekarang yang memberikan ramuan herba. Padahal, ramuan herbal ini secara turun temurun telah diwariskan dan tak kalah ampuh sebagai peredam demam.

Seperti diungkapkan Endang, herbalis yang tinggal di Depok, beragam ramuan herbal sudah lama dibuktikan efektivitasnya sebagai peredam demam pada anak-anak. Sebutlah bawang merah, kunyit, air kelapa muda, lempuyang emprit, dan pegagan. Herba juga tentu lebih murah dan aman karena tidak mengandung bahan kimia.

Untuk mengetahui rincian resepnya silakan klik disini!

Sumber: senior &cintaherbal.wordpress.com

Diupload kembali oleh http://www.pustakaalbayaty.wordpress.com

Kunjungi blog kami yang lain:

http://www.tokoherbalonline.wordpress.com

http://www.wahonot.wordpress.com

About bambangwahono

pedagang

Posted on Oktober 9, 2009, in Herbal, Info kesehatan, Jamu Tradisional, Khasiat, Manfaat, Obat Alami, Obat Herbal, Obat Tradisional, pengobatan alami, Tanaman berkhasiat, Tanaman obat and tagged , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink. 1 Komentar.

  1. Saya pernah tuh dikasi air kelapa buda waktu saya demam tinggi oleh bapak saya..
    setelah beberapa hari badan saya mulai fit kembali..
    sebaiknya jika kita sakit jangan selalu mengandal kan obat” yang ditentukan oleh resep dokter lebih baik manfaatkan bahan” alami yang berasal dari alam.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: